BUKU TAMU

Kamis, 26 Mei 2011

POSISI MENYUSU YANG NYAMAN

 Bagaimana mendapat posisi 
menyusui yang pas dan nyaman?


·        Posisi menyusu boleh duduk, tidur terlentang atau tidur miring (persalinan operasi caesar)
 
·        Kepala bayi bersandar pada lengan ibu, bahu dan punggung bayi ditopang dengan baik (boleh juga pakai bantal agar tangan ibu tidak cepat lelah)

·        Perut dan dada bayi menempel pada perut dan dada ibu.

·        Seluruh badan bayi menghadap ke badan ibu, sehingga telinga bayi membentuk garis lurus dengan lengan bayi dan leher bayi.

·        Muka bayi menghadap ke badan ibu, dagu sebisa mungkin dagu bayi menempel payudara ibu, mulut terbuka lebar, puting payudara didorong ke arah langit-langit bayi.


·        Usahakan sebanyak mungkin bagian payudara yang masuk ke dalam mulut bayi bukan hanya putingnya saja sehingga bagian hitam payudara hanya terlihat sedikit, puting tidak terasa nyeri, dan pipi bayi membulat.

·        Jika yang masuk hanya putingnya saja sering terasa sakit, mudah lecet, ASI keluar sedikit, isapan bayi tidak efektif, bayi rewel.

Gambar Berbagai Posisi Menyusui
  • Isapan yang baik bayi menghisap dalam dan lambat, ketika berhenti mengisap sejenak terdengar suara ASI yang ditelan. 
  • Jangan menyusui sambil menonton tv, membaca, mengobrol, tetapi sebanyak mungkin kontak mata, kontak emosi atau bicara dengan bayi sambil mengelus kepala, memijit bahu, paha, lengan, kaki dengan lembut.
Posisi Menyusu Bayi Kembar
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar