BUKU TAMU

Kamis, 09 Juni 2011

COLOSTRUM


    Apa itu Colostrum?

Colostrum adalah cairan yang diproduksi payudara sejak hari ke-1 hingga hari ke-5. Colostrum berwarna bening kekuning-kuningan, dalam sehari colostrum diproduksi sekitar 20-50ml saja (sedikit). Bu, lambung bayi yang baru lahir hanya sebesar kelereng, jadi tidak perlu cairan/ASI terlalu banyak.

Catatan bagi ibu pengidap/diduga mengidap Hepatitis:
Vaksin HB-1 harus diberikan dalam waktu 12 jam setelah lahir, dilanjutkan pada umur 1 dan 6 bulan. Apabila status HbsAg-B ibu positif, dalam waktu 12 jam setelah lahir berikan HBlg 0,5 ml bersamaan dengan vaksin HB-1. Apabila semula status HbsAg ibu tidak diketahui dan ternyata dalam perjalanan selanjutnya diketahui bahwa ibu HbsAg positif maka masih dapat diberikan HBlg 0,5 ml sebelum bayi berumur 7 hari.


Apa kandungan colostrum dan apa manfaatnya?
a.     Imunoglobulin (Ig), terutama IgA. Kadar IgA yang tinggi mampu melumpuhkan bakteri patogen E. Coli dan berbagai virus yang hidup pada saluran pencernaan
b.     Laktoferin yaitu sejenis protein yang mengikat zat besi (Fe). Pengikatan ini akan mengurai populasi bakteri merugikan untuk berkembang biak di dalam saluran pencernaan bayi.
c.      Lisosim, sejenis enzim yang melindungi bayi dari gagguan bakteri dan virus yang dapat menginfeksi tubuh bayi. Pada ASI khususnya kolostrum, zat ini terdapat dalam jumlah lebih banyak 300 kali dibandingkan susu sapi
d.     Leukosit ( sel darah putih ), yaitu salah satu zat imun yang dihasilkan untuk menghindari berkembangnya penyakit. Pada dua minggu pertama ASI mengandung 4000 leukosit per milimeter.
e.  Faktor Bifidus, yaitu zat yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik ( lactobacillus bifidus ) dalam pencernaan bayi. Dengan begitu, tingkat keasaman di dalam usus bayi terjaga sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat.
f.       Vitamin A, seng, sodium yang lebih tinggi dan juga mengandung berbagai zat pencahar

Colostrum sangat penting untuk bayi karena mengandung zat kekebalan untuk melawan virus dan bakteri. Tingkat kekebalannya terhadap penyakit setiap hari kian menurun dari hari ke-1 hingga ke-4. Setelah itu akan diproduksi ASI mature.  Jadi jangan sampai terlewat memerikan colostrum kepada buah hati kita ya Bu.
Manfaat colostrum adalah untuk melindungi bayi terhadap infeksi dan alergi, membersihkan mekonium (feses/tinja bayi yang pertama, berwarna hijau kehitaman),  mencegah berbagai penyakit.

1 komentar:

  1. nice article, and such a great mom..:)


    @dayiskandar.
    iskandar_sv@yahoo.com

    BalasHapus